Mengungkapkan Perasaan Dengan Kata Kata


Find Out More

Katakan apa yang Anda rasakan dengan cara yang akan Anda dengar.
Source: (c) Shaiith www.fotosearch.com Stock Photography

Kami terhubung untuk memiliki perasaan . Jika kita mengungkapkan perasaan-perasaan ini dengan cara yang tidak menguntungkan, kabel ini dapat mengundang pemutusan hubungan kita. Sebaliknya, mengungkapkan perasaan dengan cara yang aman melalui sebuah Kata Kata dapat menyebabkan perasaan kita lebih terhubung , terutama untuk orang yang dicintai. Mengetahui bagaimana mengekspresikan perasaan dengan bijaksana adalah penting jika Anda ingin merasa dekat dengan orang lain dan mempertahankan hubungan Anda.

Berbagi perasaan positif memantapkan hubungan. Cinta, penghargaan, rasa syukur , kesenangan — berbagi perasaan ini membangun ikatan kasih sayang.

Pada saat yang sama, stres terjadi dalam kehidupan setiap orang, meninggalkan mereka dengan perasaan sedih, takut atau marah. Selain itu, perbedaan dan perasaan sakit akan terjadi dari waktu ke waktu antara hampir dua orang yang sering berinteraksi. Berbagi perasaan memungkinkan Anda untuk berbicara melalui situasi yang menyebabkan kesulitan. Dengan cara itu Anda dapat mengetahui bagaimana masalah itu terjadi dan apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya. Pemecahan masalah bersama-sama membuat perasaan negatif terangkat. Kalau tidak, masalahnya mungkin akan terus berlanjut atau menjadi lebih buruk, perasaan negatif bisa memburuk, dan baik Anda dan hubungan Anda menderita.

Apa yang bisa diandalkan sebagai kalimat awal yang konstruktif untuk mengekspresikan perasaan Anda?

Berbagi perasaan secara efektif seringkali dimulai dengan dua kata sederhana: “ Saya merasa… .”. Isilah bagian yang kosong dengan kata-kata perasaan atau sebuah inspirational quotes, yaitu kata-kata seperti bingung, senang, atau lelah.

Jika Anda kesulitan mengidentifikasi perasaan, Anda dapat melakukan pilihan ganda. Cobalah memilih salah satu dari empat dasar ini: marah, sedih, senang, atau takut.

Kesalahan yang sering dilakukan orang ketika mereka mencoba berbagi perasaan adalah mengatakan “Saya merasakan itu …” Kata yang menunjukkan bahwa apa yang akan mengikuti adalah pikiran, bukan perasaan.

Pikiran baik-baik saja untuk dibagikan. Pada saat yang sama, pikiran menyampaikan informasi kering, bukan jus dari apa yang Anda alami di dalamnya. Perasaan memiliki dampak ikatan yang lebih kuat. Jadi ketika berbagi pikiran memang membangun rasa koneksi, koneksi menjadi kurang kuat dibandingkan ketika Anda juga melihat ke dalam diri Anda dan kemudian membagikan perasaan yang Anda temukan di sana: penuh harapan, putus asa, senang, waspada, frustrasi, senang, dll.

Apa kesalahan paling umum yang dilakukan orang ketika mereka mencoba membagikan perasaan mereka?

Terlalu sering, daripada mengatakan “Saya merasa …,” orang-orang mulai dengan kalimat yang salah “Kamu membuat saya merasa …”

“Kamu membuatku merasa …!” Adalah salah satu frasa yang, sebagai terapis pernikahan , aku merasa ngeri ketika mendengarnya. Dan saya mendengarnya terlalu sering, bukan karena saya bekerja dengan orang jahat, tetapi karena kebanyakan orang tidak menyadari bahwa ” Anda membuat saya merasa …” mengundang perasaan dan argumen yang menyakitkan.

Mengapa kalimat “Anda membuat saya merasa …” secara konsisten membuat diskusi tentang perasaan menjadi awal yang buruk?

Inilah 5 alasan mengapa “Anda membuat saya merasa …” layak diganti dengan “Saya merasa …”

Masalah # 1: “ Anda membuat saya merasa …” tampil sebagai tuduhan , pernyataan menyalahkan, bukan pernyataan perasaan Anda.

Pernyataan perasaan, dan terutama perasaan yang rentan seperti sedih, bingung, atau cemas, mengundang empati dari kebanyakan pendengar. Tuduhan, sebaliknya, adalah off-putting, mengundang pembelaan dan antagonisme.

Bandingkan pasangan frasa berikut. Mana yang lebih suka Anda dengar?

Cluster A: “” Saya merasa tidak nyaman. “” Saya merasa sedih. “” Saya merasa bodoh. “

Cluster B: “Kamu membuatku merasa tidak nyaman.” “Kamu membuatku sedih.” “Kamu membuatku merasa bodoh.”

Bisakah Anda merasakan perbedaannya? Jika tidak, baca lagi, perlahan dan keras.

Soal # 2 : ” Kamu membuat saya merasa …” adalah memberdayakan.

Anda membuat saya merasa … “memberikan kekuatan Anda untuk memperbaiki perasaan negatif Anda. Kalimat itu membuat Anda menjadi korban yang tidak berdaya. Sementara frasa itu menginduksi rasa bersalah atau malu pada pasangan Anda, itu secara bersamaan membuat Anda tidak berdaya.

Sebaliknya, ” Saya merasa …” menggambarkan Anda, bukan orang lain, memberi Anda kekuatan untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan untuk merasa lebih baik. Mungkin perasaan Anda adalah hasil dari menjadi lelah, lapar atau kelebihan beban. Mungkin perasaan itu datang dari situasi yang menantang yang membutuhkan pemikiran yang cukup untuk mencari tahu cara memperbaikinya.

Menyatakan perasaan Anda dengan memulai dengan kata ganti saya dan kalimat yang saya rasakan … memberdayakan karena itu memusatkan Anda dan orang yang Anda ajak berbagi pada dilema Anda. Sekarang, bersama-sama, Anda dapat membuka pintu untuk mencari solusi.

Soal # 3 : “Kamu membuatku merasa …” mengundang tuduhan balasan .

Karena frasa “Anda membuat saya merasa …” terdengar seperti serangan, dan serangan menghasilkan serangan balik, tidak lama kemudian percakapan Anda cenderung meningkat menjadi argumen yang marah.

Inilah contohnya:

Linda : Anda membuat saya merasa tidak menarik. Anda hampir tidak pernah memuji saya.

Len: Yah itu karena kamu membuatku merasa seperti suami yang mengerikan…. [dan mereka pergi di jalan pertempuran.]

Ketika Len mendengar kata-kata Linda “ Kamu membuatku merasa ” dia mendengarkan tuduhan itu dan mendengarkan dari keprihatinannya.

Sebaliknya, ketika pasangan lain, Gina dan Gerald, menghadapi situasi yang sama dengan starter kalimat yang berbeda, saya merasa …, dialog ternyata cukup produktif.

Gina: Saya merasa tidak menarik. Ketika Anda hampir tidak pernah memuji saya, saya pikir saya tidak harus terlihat baik kepada Anda.

Gerald : Saya sangat menyesal Anda merasa seperti itu. Sebenarnya itu semua lebih menyedihkan karena saya hampir selalu menyukai penampilan Anda. Saya mungkin bisa memberi tahu Anda lebih sering betapa saya menghargai pakaian dan rambut Anda dan terutama senyum Anda. Dan ketika saya memikirkannya, saya dapat melihat bahwa akhir-akhir ini saya begitu sibuk dengan pekerjaan yang belum saya perhatikan banyak hal lainnya.

Gina : Aku senang kita membicarakan ini. Saya merasa lebih baik, hanya memahami lebih banyak apa yang terjadi dengan Anda. Saya juga bertanya-tanya, bagaimana mungkin saya tiba-tiba mendapat pujian yang menginginkan ini. Saya pikir saya merasa agak terbengkalai dengan menghabiskan begitu banyak waktu bekerja di komputer Anda ketika Anda di rumah.

Dengan meluncurkan dengan kata-kata “Saya merasa …” Gina mengundang empati dan berbagi pemecahan masalah, bukan kontra-tuduhan.

Soal # 4: “Kamu membuatku merasa” didasarkan pada kesalahpahaman tentang apa yang memicu perasaan .

Satu orang pada umumnya tidak sendirian membuat orang lain merasakan sesuatu. Yang penting adalah kombinasi dari apa yang dikatakan seseorang (atau tidak) dan interpretasi orang lain terhadap kata-kata atau tindakan.

Misalnya, jika Anda mencoba membuat saya tertawa , saya mungkin menjawab dengan sedikit geli, tetapi saya juga dapat menanggapi dengan cibiran, dengan kesal, frustrasi, atau dengan penuh kasih sayang. Ini adalah gabungan dari apa yang Anda katakan / lakukan dan apa yang saya bawa ke situasi dalam hal cara saya melihatnya. Artinya, respons pendengar berasal dari banyak faktor di dalam pendengar seperti dari apa yang dikatakan atau dilakukan orang lain.

Soal # 5: “Anda membuat saya merasa…” memfokuskan Anda pada pasangan Anda, mengalihkan fokus Anda dari orang yang Anda bertanggung jawab untuk memahami , yaitu diri Anda sendiri.

“Anda membuat saya merasa …” diikuti oleh emosi negatif membuat Anda menjadi sikap kritis terhadap pasangan Anda. “Saya merasa …” meluncurkan eksplorasi tentang apa yang Anda sendiri rasakan dan mengapa. Itu adalah jalan penemuan diri.

Sebagai contoh, ” Saya merasa ditinggalkan ketika Anda membawa pekerjaan rumahan di malam hari, meninggalkan saya sendiri. … Mungkin saya perlu memperluas cara saya untuk menikmati malam hari sendiri dan bukannya merindukan perhatian Anda. Saya dulu suka membaca novel …. “

Jadi kembali ke pertanyaan tentang bagaimana mengungkapkan perasaan. Berikut 5 panduan menuju sukses.

Jeda untuk melihat ke dalam diri Anda dan beri label perasaan internal Anda.
Kemarahan mengundang pembelaan. Jika perasaan Anda “gila” atau “marah”, tenanglah sebelum Anda mulai berbicara. Suara marah mengundang suara marah sebagai balasannya.
Kemudian, untuk mengoptimalkan kemungkinan Anda akan didengar tanpa pembelaan, pilih kata selain kata dari keluarga marah untuk perasaan yang tersisa, kata seperti “sedih” atau “takut ..”.
Luncurkan apa yang Anda katakan dengan “Saya merasa ….” “Saya merasa …” atau “Saya telah merasa ….” misalnya, “Saya merasa putus asa tentang …”
Jelaskan lebih lanjut tentang sumber perasaan itu. Pemicu kalimat yang baik untuk penjelasan ini adalah “Perhatian saya adalah ….” Misalnya, “Kekhawatiran saya adalah bahwa saya tidak melihat berakhir pada pandangan karena Anda harus membawa pulang kerja untuk dilakukan pada malam hari.”
Jika Anda perlu menentukan peran pasangan Anda dalam perasaan, mulailah kalimat itu dengan “Ketika Anda ..” misalnya, “ Ketika Anda datang larut malam kemarin dari kerja saya merasa sangat takut.” Lanjutkan kemudian dengan “ Kekhawatiran saya adalah… ” Dan Anda berada di jalan menuju saling pengertian .

Garis bawah

Intinya adalah bagaimana Anda mengungkapkan perasaan membuat perbedaan besar dalam cara penerimaan perasaan Anda akan didengar.

Pada saat yang sama, orang yang Anda ajak berbagi perasaan Anda memiliki peran besar dalam apakah diskusi akan positif atau tidak. Orang-orang yang narsistik misalnya dapat tersulut dalam iritasi ketika mereka mendengar ekspresi perasaan-perasaan rentan pasangan tidak peduli bagaimana perasaan itu telah disajikan. Orang lain mungkin menganggap secara pribadi, sebagai kritik terhadap mereka, perasaan negatif yang Anda gambarkan.

Untungnya meskipun reaksi ini akan menjadi pengecualian.

Sebagian besar, mengikuti panduan di atas tentang bagaimana mengungkapkan perasaan dan terutama menghindari “Anda membuat saya merasa ..,” kemungkinan akan menyebabkan tanggapan empatik. Sama pentingnya, berbagi perasaan batin Anda cenderung meningkatkan perasaan kedekatan antara keduanya. kamu.

” Keintiman ” berasal dari kata “intima,” yang merupakan kata Latin untuk lapisan halus dan rentan dari jaringan tubuh terdalam. Bagikan perasaan intim dengan sukses dan dialog yang muncul kemungkinan akan membawa Anda tanggapan yang menenangkan.

Related:


SEARCH
google
ddg
yahoo
bing
twitter
wayback
dmoz
wolfram
board
ixquick
dog
yippy
etool
scholar
image
google
pic
flickr
tineye
bing
pinterest
audio
hype
sounds
tunein
radio
+
video
youtube
dailymotion
aol
google
vimeo
tv
phone
reverse
us
prefix
areacode
local
anywho
wp
yellow
super
yp
800
peoplefind
who
zaba
intelius
+

NEWS
ap
cnn
google
bing
guardian
vox
nbc
abc
cbs
fox
npr
reuter
slate
qz
huff
beast
alter
pr
salon
tpm
ca
+
mx
uk
+
ie
de
fr
se
ru
jp
+
+
+
cn
hk
in
ph
au
+
nz
il
qa
za
stateline
ncsl
csg
politico
hill
fact
crp
cspan
rcp
538
warnews
mil
dod
papers
world
us
front
ep
poynter
weather.com
wu
nws
storm
intel
accu
ps
cane
niño
climate
spark
wc
base
wmo
sport
espn
si
sb
dead
br
ringer
cbs
fox
nbc
y
mlb
jayski
bar
$
google
cnbc
msn
cnn
yahoo
watch
bloom
abc
wire
pr
fund
fool
st
bw
forbes
forex
+
cpi
+
fred
edgar
tobias
rate
+
freak

INFO
wikipedia
reddit
stack
please
desk
vpl
farmer
place
bartleby
cia
faq
tsd
list
+
tech
cnet
verge
recode
nyt
wired
reg
gadget
ars
tc
zd
wirecutter
dslr
avs
cpf
howard
tom
dp
ed
ald
chron
thought
philosopher
how
e
works
wonder
instruct
wiki
lifehack
sciam
daily
sky
eclipse
space
nasa
geo
hoax
csi
snopes
truth
pedia
eb
stat
fed
census
city
geocode
abstract
people
bio
who2
genealogy
word
books
net
ngram
corpus
thesaurus
grammar
book
+
+
writing
kata kata
+
Quotes
eggcorn
anagram
spy
rhyme
glossary
+
dictionaries
mw
oed
collins
ninja
1
your
visuword
hyper
free
wik
web
acronym
abbr
urban
translate
babel
free
google
bing
words
+
calc
sci
metric
measure
finance
col
+
calendarzone
perpetual
duration
holiday
time
official
world
sunrise
clock
fed
usa
loc
irs
usps
gpo
archive
agency
law
find
congress
uscode
+
cfr
+
terms
+
state
atty
healthfinder
webmd
pub
merck
line
mayo
news
page
journal
medscape
cdc
nih
fda
nhs
terms
abbr
trials
cancer
whole
quack
westnile
lyme
dengue
flu
avian
embarrassing
drug.com
rx
list
digest

ETC
museum
library
airport
flights
kayak
sw
ita
view
track
arrive
on-time
class
talk
deal
seat
sleep
crash
distance
tsa
travel
lp
advisor
bid
smart
fodor
frommer
rough
cntraveler
natgeo
T+L
channel
steves
timeout
nyt
lat
wiki
obscura
roadside
+
+
hum
customs
roadwork
speedtrap
map
google
bing
quest
here
old
ut
cars
talk
msn
gas
iihs
nhtsa
edmund
kbb
nada
jalopnik
truth
hometime
bhg
hgtv
garden
diy
foodtv
safe
chow
yelp
dine
zomato
gullet
huff
taste
eats
road
storage
+
recipes
all
bhg
movie
imdb
mrqe
rotten
meta
indie
script
+
aicn
ebert
tvguide
huff
shark
futon
tattle
shop
amazon
bn
ebay
bb
woot
news
slick
ben
brad
fakespot |
mefi
boing
tumblr
onion
tmz
gun
E
hr
variety
av
ew
vulture
holly
trend
?

Get Started!

 

 

At Your Service